Latar Belakang
Selain Pandemi Covid-19, Tahun 2021 merupakan tahun transformasi besar bagi birokrasi di Indonesia. Penyederhanaan birokrasi dilakukan, yaitu dengan menghilangkan jabatan administratif sampai dengan tingkat Eselon 3. Realisasinya dilakukan secara bertahap, dimana sebagian Instansi telah menyederhanakan sesuai dengan amanat Presiden tersebut, sedangkan beberapa instansi lainnya, termasuk Pemerintah Daerah, baru sampai Eselon 4. Implikasinya adalah beralihnya pejabat-pejabat administratif kedalam jabatan-jabatan fungsional tertentu, salah satunya Perencana. Dengan adanya kebijakan ini, populasi perencana di Indonesia tumbuh secara drastis dalam waktu yang singkat. Dari sini muncul berbagai isu yang mesti dicarikan solusinya.
Salah satu yang perlu menjadi perhatian bersama adalah kebutuhan penilaian hasil kerja Perencana. Sebagaimana diatur dalam Permen PAN-RB 13/2019 dan diperkuat dalam Permen PAN-RB 4/2020, dan diterjemahkan secara lebih operasional dalam Permen PPN/ BAPPENAS 1/2022, penilaian tersebut dilakukan oleh Tim Penilai. Persoalan selanjutnya adalah terkait kapasitas Tim Penilai. Dengan tumbuhnya populasi Perencana, jumlah Tim Penilai yang ada sudah tidak mungkin lagi mengakomodir seluruh kebutuhan penilaian. Alternatifnya adalah pembentukan Tim Penilai baru diberbagai Instansi, terutama yang sebelumnya masih menilaikan di Instansi lain.
Persoalan belum berhenti sampai disini. Tim Penilai yang baru terbentuk tersebut perlu mendapat pembekalan-pembekalan teknis penilaian. Untuk menjawabnya, Pusbindiklatren Bappenas telah melakukan Workshop Tim Penilai. Namun, pelaksanannya dilakukan melalui daring dengan waktu dan interaksi yang terbatas, serta belum diikuti oleh seluruh Tim Penilai. Untuk memperlancar tugas Tim Penilai, diperlukan pelatihan lebih lanjut yang lebih berorientasi case-based, dimana simulasi-simulasi penilaian lebih banyak dilakukan. Saat ini merupakan momentumnya, dimana berkas-berkas penilaian sebagian sudah masuk di meja Tim Penilai atau Sekretariat Tim Penilai. Sebagai tambahan, munculnya Permen PAN-RB 1/2023 yang menghapuskan tatakelola penilaian melalui Daftar Usulan Penilaian Angka Kredit (DUPAK) tidak serta merta menghapus kebutuhan penilaian Angka Kredit oleh Tim Penilai. Hal ini disebabkan peraturan tersebut baru berlaku mulai Juli 2023 dan efektif untuk penilaian kinerja Tahun 2023. Tim penilai saat ini menghadapi berkas penilaian untuk hasil kerja perencana Tahun 2022, yaitu kinerja Tahun terakhir yang dinilai dengan sistem DUPAK.
Tujuan
- Memberikan pemahaman alur dan proses penilaian AK bagi Tim Penilaian dan Sekretariat Tim Penilai
- Membimbing peserta untuk menilai berkas yang saat ini telah masuk dalam meja mereka baik sebagai Tim Penilai maupun anggota Sekretariat Tim Penilai
Target Luaran (Output & Outcome)
Memperlancar tugas Tim Penilai
Target Peserta
- Anggota Tim Penilai dan Sekretariat Tim Penilai
- Seluruh Perencana
Susunan Acara
Training diselenggarakan selama 5 Hari, di mana Hari Pertama dimulai Siang Jam 13.00, untuk Sesi Pembukaan, dan Hari Kelima ditutup Jam 12.00. Keseluruhan Training terdiri dari 16 Sesi, masing-masing Sesi terdiri dari 2 JPL. Pembagian Waktu untuk masing-masing sesi, serta Break diantara Sesi adalah sebagaimana digambarkan dalam Tabel berikut.
Waktu | Hari 1 | Hari 2 | Hari 3 | Hari 4 | Hari 5 |
08.30 – 10.00 | Sesi 3 | Sesi 7 | Sesi 11 | Sesi 15 | |
10.00 – 10.30 | Coffee-break | Coffee-break | Coffee-break | Coffee-break | |
10.30 – 12.00 | Sesi 4 | Sesi 8 | Sesi 12 | Sesi 16 | |
12.00 – 13.00 | Check In | Ishoma | Ishoma | Ishoma | Check Out |
13.00 – 14.30 | Sesi 1 | Sesi 5 | Sesi 9 | Sesi 13 | |
14.30 – 15.00 | Coffee-break | Coffee-break | Coffee-break | Coffee-break | |
15.00 – 16.30 | Sesi 2 | Sesi 6 | Sesi 10 | Sesi 14 |
Masing-masing Sesi berisi materi spesifik yang antar materi terdapat benang merah rangkaian yang mengkondisikan peserta untuk memahami alur dan proses penilaian, serta bisa melakukan penilaian terhadap berkas yang telah masuk di meja mereka sebagai Tim Penilai dan Anggota Sekretariat Tim Penilai. Pembagian materi dalam tiap sesi, dilengkapi dengan metode yang dominan dipakai adalah sebagai berikut :
Sesi | Materi | Metode |
1 | Opening, Orientasi, Kontrak Belajar, Need Assessment | Ceramah & Diskusi |
2 | Alur Penilaian AK pada Tim Penilai | Ceramah & Diskusi |
3 | Alur Verifikasi Kelengkapan Berkas dan Simulasi | Ceramah & Praktek |
4 | Penilaian AK Unsur Perencanaan Pertama dan Muda | Ceramah & Diskusi |
5 | Simulasi Penilaian AK Unsur Perencanaan Pertama dan Muda | Praktek |
6 | Penilaian AK Unsur Perencanaan Madya dan Utama | Ceramah & Diskusi |
7 | Simulasi Penilaian AK Unsur Perencanaan Madya dan Utama | Praktek |
8 | Penilaian AK Unsur Pengembangan Profesi | Ceramah & Diskusi |
9 | Simulasi Penilaian AK Unsur Pengembangan Profesi | Praktek |
10 | Penilaian AK Unsur Penunjang | Ceramah & Diskusi |
11 | Simulasi Penilaian AK Unsur Penunjang | Praktek |
12 | Penghitungan Perolehan AK dan Pleno: Simulasi | Ceramah & Praktek |
13 | Penyusunan BA-PAK dan Drafting SK PAK | Ceramah & Praktek |
14 | Pendalaman Materi | Diskusi & Praktek |
15 | Optional Coaching | Diskusi & Praktek |
16 | Wrap-up dan Ceremony | Ceramah & Ceremonial |

Biaya Tiap Peserta
- Rp 7.700.000
Fasilitas
- Penginapan hotel selama kegiatan berlangsung (termasuk breakfast)
- 1 kamar isi 2 orang (twin share)
- Modul dan Materi
- Meeting Room Hotel
- 1x Lunch dan 2x Coffe Break
- Sertifikat
- Training Kit
Konstribusi dapat dibayarkan melalui transfer ke Bank BCA : No Rek : 0702228989 a.n PT. Konsorsium Consulting Group.
Tempat Pelaksanaan
Gelombang | Tempat | Tanggal |
1 | Hotel Abadi Malioboro Jl. PS. Kembang 49 Yogyakarta | 27 Februari – 3 Maret 2023 |
2 | Hotel Oasis Amir Senen Jl. Senen Raya, Jakarta Pusat | 22 – 26 Mei 2023 |
3 | Hotel Fave/ Eden Kartika Plaza Kuta Bali Jl. Kartika plaza Kuta – Bali | 19 – 23 Juni 2023 |
Contact Person
Informasi lebih lanjut terkait Training ini dapat menghubungi : 0821 1303 3285
Formulir Pendaftaran
Silahkan isi Form Registrasi berikut. Data akan digunakan sebagai acuan pembuatan sertifikat dan administrasi lainnya. Pastikan data yang diinput sudah benar