TLE 006 Workshop Tim Penilai dan Sekretariat Tim Penilai

Latar Belakang

Selain Pandemi Covid-19, Tahun 2021 merupakan tahun transformasi besar bagi birokrasi di Indonesia. Penyederhanaan birokrasi dilakukan, yaitu dengan menghilangkan jabatan administratif sampai dengan tingkat Eselon 3. Realisasinya dilakukan secara bertahap, dimana sebagian Instansi telah menyederhanakan sesuai dengan amanat Presiden tersebut, sedangkan beberapa instansi lainnya, termasuk Pemerintah Daerah, baru sampai Eselon 4. Implikasinya adalah beralihnya pejabat-pejabat administratif kedalam jabatan-jabatan fungsional tertentu, salah satunya Perencana. Dengan adanya kebijakan ini, populasi perencana di Indonesia tumbuh secara drastis dalam waktu yang singkat. Dari sini muncul berbagai isu yang mesti dicarikan solusinya.

Salah satu yang perlu menjadi perhatian bersama adalah kebutuhan penilaian hasil kerja Perencana. Sebagaimana diatur dalam Permen PAN-RB 13/2019 dan diperkuat dalam Permen PAN-RB 4/2020, dan diterjemahkan secara lebih operasional dalam Permen PPN/ BAPPENAS 1/2022, penilaian tersebut dilakukan oleh Tim Penilai. Persoalan selanjutnya adalah terkait kapasitas Tim Penilai. Dengan tumbuhnya populasi Perencana, jumlah Tim Penilai yang ada sudah tidak mungkin lagi mengakomodir seluruh kebutuhan penilaian. Alternatifnya adalah pembentukan Tim Penilai baru diberbagai Instansi, terutama yang sebelumnya masih menilaikan di Instansi lain.

Persoalan belum berhenti sampai disini. Tim Penilai yang baru terbentuk tersebut perlu mendapat pembekalan-pembekalan teknis penilaian. Untuk menjawabnya, Pusbindiklatren Bappenas telah melakukan Workshop Tim Penilai. Namun, pelaksanannya dilakukan melalui daring dengan waktu dan interaksi yang terbatas, serta belum diikuti oleh seluruh Tim Penilai. Untuk memperlancar tugas Tim Penilai, diperlukan pelatihan lebih lanjut yang lebih berorientasi case-based, dimana simulasi-simulasi penilaian lebih banyak dilakukan. Saat ini merupakan momentumnya, dimana berkas-berkas penilaian sebagian sudah masuk di meja Tim Penilai atau Sekretariat Tim Penilai. Sebagai tambahan, munculnya Permen PAN-RB 1/2023 yang menghapuskan tatakelola penilaian melalui Daftar Usulan Penilaian Angka Kredit (DUPAK) tidak serta merta menghapus kebutuhan penilaian Angka Kredit oleh Tim Penilai. Hal ini disebabkan peraturan tersebut baru berlaku mulai Juli 2023 dan efektif untuk penilaian kinerja Tahun 2023. Tim penilai saat ini menghadapi berkas penilaian untuk hasil kerja perencana Tahun 2022, yaitu kinerja Tahun terakhir yang dinilai dengan sistem DUPAK.

Tujuan

  1. Memberikan pemahaman alur dan proses penilaian AK bagi Tim Penilaian dan Sekretariat Tim Penilai
  2. Membimbing peserta untuk menilai berkas yang saat ini telah masuk dalam meja mereka baik sebagai Tim Penilai maupun anggota Sekretariat Tim Penilai

Target Luaran (Output & Outcome)

Memperlancar tugas Tim Penilai

Target Peserta

  1. Anggota Tim Penilai dan Sekretariat Tim Penilai
  2. Seluruh Perencana

Susunan Acara

Training diselenggarakan selama 5 Hari, di mana Hari Pertama dimulai Siang Jam 13.00, untuk Sesi Pembukaan, dan Hari Kelima ditutup Jam 12.00. Keseluruhan Training terdiri dari 16 Sesi, masing-masing Sesi terdiri dari 2 JPL. Pembagian Waktu untuk masing-masing sesi, serta Break diantara Sesi adalah sebagaimana digambarkan dalam Tabel berikut.

WaktuHari 1Hari 2Hari 3Hari 4Hari 5
08.30 – 10.00Sesi 3Sesi 7Sesi 11Sesi 15
10.00 – 10.30Coffee-breakCoffee-breakCoffee-breakCoffee-break
10.30 – 12.00Sesi 4Sesi 8Sesi 12Sesi 16
12.00 – 13.00Check InIshomaIshomaIshomaCheck Out
13.00 – 14.30Sesi 1Sesi 5Sesi 9Sesi 13
14.30 – 15.00Coffee-breakCoffee-breakCoffee-breakCoffee-break
15.00 – 16.30Sesi 2Sesi 6Sesi 10Sesi 14

Masing-masing Sesi berisi materi spesifik yang antar materi terdapat benang merah rangkaian yang mengkondisikan peserta untuk memahami alur dan proses penilaian, serta bisa melakukan penilaian terhadap berkas yang telah masuk di meja mereka sebagai Tim Penilai dan Anggota Sekretariat Tim Penilai. Pembagian materi dalam tiap sesi, dilengkapi dengan metode yang dominan dipakai adalah sebagai berikut :

SesiMateriMetode
1Opening, Orientasi, Kontrak Belajar, Need AssessmentCeramah & Diskusi
2Alur Penilaian AK pada Tim PenilaiCeramah & Diskusi
3Alur Verifikasi Kelengkapan Berkas dan SimulasiCeramah & Praktek
4Penilaian AK Unsur Perencanaan Pertama dan MudaCeramah & Diskusi
5Simulasi Penilaian AK Unsur Perencanaan Pertama dan MudaPraktek
6Penilaian AK Unsur Perencanaan Madya dan UtamaCeramah & Diskusi
7Simulasi Penilaian AK Unsur Perencanaan Madya dan UtamaPraktek
8Penilaian AK Unsur Pengembangan ProfesiCeramah & Diskusi
9Simulasi Penilaian AK Unsur Pengembangan ProfesiPraktek
10Penilaian AK Unsur Penunjang Ceramah & Diskusi
11Simulasi Penilaian AK Unsur Penunjang Praktek
12Penghitungan Perolehan AK dan Pleno: Simulasi Ceramah & Praktek
13Penyusunan BA-PAK dan Drafting SK PAK Ceramah & Praktek
14Pendalaman Materi Diskusi & Praktek
15Optional CoachingDiskusi & Praktek
16Wrap-up dan CeremonyCeramah & Ceremonial

Biaya Tiap Peserta

  • Rp 7.700.000

Fasilitas

  • Penginapan hotel selama kegiatan berlangsung (termasuk breakfast)
  • 1 kamar isi 2 orang (twin share)
  • Modul dan Materi
  • Meeting Room Hotel
  • 1x Lunch dan 2x Coffe Break
  • Sertifikat
  • Training Kit

Konstribusi dapat dibayarkan melalui transfer ke Bank BCA : No Rek : 0702228989 a.n PT. Konsorsium Consulting Group.

Tempat Pelaksanaan

GelombangTempatTanggal
1Hotel Abadi Malioboro
Jl. PS. Kembang 49 Yogyakarta
27 Februari – 3 Maret 2023
2Hotel Oasis Amir Senen
Jl. Senen Raya, Jakarta Pusat
22 – 26 Mei 2023
3Hotel Fave/ Eden Kartika Plaza Kuta Bali
Jl. Kartika plaza Kuta – Bali
19 – 23 Juni 2023

Contact Person

Informasi lebih lanjut terkait Training ini dapat menghubungi : 0821 1303 3285

Formulir Pendaftaran

Silahkan isi Form Registrasi berikut. Data akan digunakan sebagai acuan pembuatan sertifikat dan administrasi lainnya. Pastikan data yang diinput sudah benar