TDE 002 Manajemen Data untuk Perencanaan Vol. 1

Pengenalan Penggunaan Data dalam Perencanaan, Teknik Pengambilan, Olah Data dan Penyajian

Latar Belakang

Data merupakan ‘bahan bakar’ wajib bagi perumusan kebijakan dan atau perencanaan pembangunan. Baik penyusunan kebijakan maupun perumusan rencana pembangunan harus berawal dari identifikasi dan perumusan masalah. Untuk dapat merumuskan masalah secara layak bagi seorang perencana, data sangat dibutuhkan untuk mendukung penjelasan. Pemilihan alternatif solusi atas permasalahan tersebut juga akan menjadi lebih kuat jika didukung oleh data. Solusi yang dirumuskan akan lebih applied dan efektif jika perencana sudah menguasai potensi yang ada, dalam hal ini data juga memainkan peran penting. Sampai pada menjabarkan solusi dalam rencana intervensi, data dapat memberikan masukan terkait penentuan target, indikator, bahkan pada aspek sumber daya yang dimiliki.

Permasalahannya adalah apakah data itu? Data sekunder yang diambil oleh pihak lain, bisa dimanfaatkan oleh perencana, misalkan data BPS, atau IFLS yang dihasilkan oleh lembaga RAND. Jenis data yang lain, yang mungkin lebih sesuai kebutuhan spesifik, adalah yang bersifat primer, langsung diambil dari lapangan. Namun biasanya jarang yang melakukan oleh karena ongkos yang mahal. Pada era digital saat ini, jangkauan data jauh lebih luas dibanding satu atau dua dekade yang lampau, dimana internet bisa menjadi sumber data yang layak untuk dipertimbangkan jika diambil dan diolah secara tepat. Bagian yang terakhir ini, sayangnya, memang belum banyak dimanfaatkan dalam praktek perencanaan pembangunan padahal berpotensi bisa lebih efisien dalam mengaksesnya, lebih up to date dibanding misalkan publikasi BPS yang proses pengambilan datanya dilakukan jauh hari sebelum publikasi. Apapun itu, aspek data dan bagaimana data tersebut dimanfaatkan layak menjadi fokus pengembangan kompetensi perencana.

Tujuan

  1. Membuka wawasan perencana terhadap ragam data yang berpotensi mendukung perumusan kebijakan dan rencana intervensi
  2. Memberi pembekalan teknis bagi perencana untuk bisa melakukan pengambilan data secara sederhana, mengolahnya kemudian digunakan sebagai basis kegiatan perencanaan

Target Luaran (Output & Outcome)

  1. Peserta mampu mengenali berbagai macam data sebagai bahan perencanaan
  2. Peserta mampu menyusun instrumen pengambilan data sederhana dan menyebarkannya ke lapangan
  3. Peserta mampu mengolah hasil dari pendataan lapangan tersebut sesuai tujuan dan kebutuhan masing-masing

Sasaran Peserta

  1. Pejabat Fungsional Perencana
  2. Calon perencana dan pihak lain yang membutuhkan

Materi Dan Sesi

Pembagian materi tiap sesi

  • Sesi 1 : Ruang lingkup perencanaan pembangunan, output dan aspek penggunaan data
  • Sesi 2 : Mengenal berbagai jenis data & metode pengumpulan
  • Sesi 3 : Membangun database & rumah penyimpanan data: Google Drive
  • Sesi 4 : Simulasi membangun instrumen pengumpulan data sederhana: google form
  • Sesi 5 : Mengenal berbagai teknik olah dan analisis data
  • Sesi 6 : Simulasi olah dan analisis data (pendalaman materi)
  • Sesi 7 : Simulasi olah dan analisis data (pendalaman materi)
  • Sesi 8 : Mengenal berbagai jenis presentasi hasil olah data & rekomendasi kebijakan

Susunan Acara

WaktuHari 1Hari 2Hari 3Hari 4
08.00 – 09.30Sesi 1Sesi 5Check Out, Field Visit, Penutup, Post Teest
09.30 – 10.00Coffee-breakCoffee-break
10.00 – 11.30Sesi 2Sesi 6
11.30 – 12.30IshomaIshoma
12.30 – 14.00Check InSesi 3Sesi 7
14.00 – 14.45Check InSesi 4Sesi 8
14.45 – 15.15Coffee-breakCoffee-breakCheck-out
15.15 – 16.00Pembukaan, Pre Test, & OrientasiSesi 4Sesi 8

Trainer

  1. Ekspert dari Kementerian/ Lembaga dan Daerah
  2. Ekspert dari Perguruan Tinggi
  3. Tim Center of Excellence PN-PPPI

Syarat Peserta

  • Sanggup mengikuti keseluruhan sesi dengan toleransi (presensi kehadiran minimal 75%)
  • Surat tugas dari pimpinan unit kerja

Biaya Tiap Peserta

  • Training Rp 4.100.000
  • Training dan MenginapRp 5.700.000

Fasilitas

  • Penginapan Hotel Selama Kegiatan Berlangsung
  • Modul dan Materi
  • Meeting Room Hotel
  • 1x Lunch dan 2x Coffe Break
  • Sertifikat
  • Training Kit

Konstribusi dapat dibayarkan melalui transfer ke Bank BCA : No Rek : 0702228989 a.n PT. Konsorsium Consulting Group.

Tempat Pelaksanaan

Sesuai Permintaan. Dapat dilihat di daftar hotel berikut

Contact Person

Informasi lebih lanjut terkait Training ini dapat menghubungi : 0821 1303 3285

Formulir Pendaftaran

Silahkan isi Form Registrasi berikut. Data akan digunakan sebagai acuan pembuatan sertifikat dan administrasi lainnya. Pastikan data yang diinput sudah benar

Yang berminat untuk mengikuti training di atas, dapat menghubungi : 089687147303 atau 0818986949