TDE 003 Operasionalisasi Perencanaan Pembangunan Nasional

Latar Belakang

Perencanaan pembangunan Nasional merupakan suatu sistem yang didalamnya meliputi banyak elemen yang saling terkait.

Perencana baru atau calon perencana lazimnya mengerjakan tugas sehari-hari sebagaimana disposisi atasan dan cenderung setidaknya sebagian dilakukan secara serabutan. Pendekatan penugasan sehari-hari yang nampak parsial tersebut sangat mudah mengkondisikan seorang perencana hanya berkutat pada aspek tertentu (yang itu-itu saja), tergantung kebutuhan spesifik unit kerja, atau lebih sempit lagi: kebutuhan seorang atasan. Dalam konteks sistem perencanaan, pekerjaan yang dilakukan sehari-hari tersebut bisa jadi merupakan satu elemen penting yang berkontribusi terhadap efektivitas perencanaan secara keseluruhan. Namun karena dilakukan secara parsial bisa jadi hasilnya tidak optimal. Hal ini disebabkan karena perencana tersebut belum melihat gambaran besar ‘sistemik’ yang menghubungkan antar output/outcome dari aktivitas seorang perencana. Dampaknya, perencana bekerja untuk menghasilkan suatu luaran, namun kurang memahami apa kontribusinya pada sistem perencanaan secara keseluruhan. Perencana juga bisa terjebak untuk kurang mengapresiasi pekerjaan yang sedang dilakukan karena kurang aware atas signifikansinya pada capaian organisasi secara keseluruhan.

Solusi yang coba ditawarkan dalam Training ini adalah perlunya perencana duduk dan belajar secara lebih sistematis dan intensif terkait sistem perencanaan pembangunan Nasional. Lebih dari suatu wacana berbasis regulasi, sistem perencanaan perlu dieksplorasi secara lebih detail dan terutama dikaitkan dengan tugas sehari masing-masing. Bicara tentang tugas sehari-hari, maka menu pelatihan mau tidak mau perlu menyentuh aspek teknis atau berupa tools untuk melaksanakan aktivitas perencanaan, diantaranya yang menjadi fokus sentral adalah SIPD. Dengan kombinasi diskusi dan simulasi, serta kesempatan bagi perencana untuk merefleksikan tugas sehari-hari, harapannya peserta mampu untuk memposisikan peran sehari-hari dalam konteks menyelenggarakan fungsi perencanaan pembangunan secara efektif dan berkualitas. Dengan mengkaitkan sistem perencanaan dengan SIPD, dengan demikian fokus pelatihan ini adalah terutama perencana yang bekerja pada instansi di daerah.

Tujuan

  1. Membekali perencana insight yang diperlukan terkait sistem perencanaan pembangunan yang menjadi core bisnis pekerjaan sehari-hari
  2. Mengenalkan tools aplikasi yang diperlukan untuk memperlancar tugas sehari-hari, terutama bagi perencana pemula

Target Luaran (Output & Outcome)

  1. Peserta memahami alur & proses perencanaan pembangunan,
  2. Peserta mengenali tools dasar dan atau official yang digunakan dalam proses perencanaan
  3. Peserta mampu memposisikan peran diri sebagai perencana

Sasaran Peserta

  1. Perencana Ahli Pertama
  2. Perencana hasil penyetaraan
  3. Calon perencana
  4. Seluruh perencana (sebagai refreshing/ penyegaran)
  5. Umum

Materi Dan Sesi

Pembagian materi tiap sesi

  • Sesi 1 : Diskursus regulasi terkait sistem perencanaan pembangunan Nasional & aturan operasionalnya
  • Sesi 2 & 3
    • Perbandingan antar jenis dokumen perencanaan & alur penyusunanya
    • RPJM/ RPJMD/ Renstra K/L/ OPD dan alur penyusunanyaSesi 5 : Mengenal berbagai teknik olah dan analisis data
    • RKP/ RKPD/ Renja K/L/ OPD dan alur penyusunannya
  • Sesi 4 : Sinkronisasi Perencanaan dan Penganggaran: benchmarking study
  • Sesi 5 – 8
    • SIPD: Konsep dasar & Implementasinya
    • Simulasi SIPD

Susunan Acara

WaktuHari 1Hari 2Hari 3Hari 4
08.00 – 09.30Sesi 1Sesi 5Check Out, Field Visit, Penutup, Post Teest
09.30 – 10.00Coffee-breakCoffee-break
10.00 – 11.30Sesi 2Sesi 6
11.30 – 12.30IshomaIshoma
12.30 – 14.00Check InSesi 3Sesi 7
14.00 – 14.45Check InSesi 4Sesi 8
14.45 – 15.15Coffee-breakCoffee-breakCheck-out
15.15 – 16.00Pembukaan, Pre Test, & OrientasiSesi 4Sesi 8

Trainer

  1. Ekspert dari Kementerian/ Lembaga dan Daerah
  2. Ekspert dari Perguruan Tinggi
  3. Tim Center of Excellence PN-PPPI

Syarat Peserta

  • Sanggup mengikuti keseluruhan sesi dengan toleransi (presensi kehadiran minimal 75%)
  • Surat tugas dari pimpinan unit kerja

Biaya Tiap Peserta

  • Training Rp 4.100.000
  • Training dan MenginapRp 5.700.000

Fasilitas

  • Penginapan Hotel Selama Kegiatan Berlangsung
  • Modul dan Materi
  • Meeting Room Hotel
  • 1x Lunch dan 2x Coffe Break
  • Sertifikat
  • Training Kit

Konstribusi dapat dibayarkan melalui transfer ke Bank BCA : No Rek : 0702228989 a.n PT. Konsorsium Consulting Group.

Tempat Pelaksanaan

Sesuai Permintaan. Dapat dilihat di daftar hotel berikut

Contact Person

Informasi lebih lanjut terkait Training ini dapat menghubungi : 0896-8714-7303 atau 0812-9940-2896 (WA Only)

Formulir Pendaftaran

Silahkan isi Form Registrasi berikut. Data akan digunakan sebagai acuan pembuatan sertifikat dan administrasi lainnya. Pastikan data yang diinput sudah benar

Yang berminat untuk mengikuti training di atas, dapat menghubungi : 089687147303 atau 0818986949