TLE 002 Manajemen Data untuk Perencanaan Pembangunan Vol. 3

Olah dan Presentasi Hasil dalam berbagai Format Luaran Dokumen

Latar Belakang

Data merupakan ‘bahan bakar’ wajib bagi perumusan kebijakan dan atau perencanaan pembangunan. Baik penyusunan kebijakan maupun perumusan rencana pembangunan harus berawal dari identifikasi dan perumusan masalah. Untuk dapat merumuskan masalah secara layak bagi seorang perencana, data sangat dibutuhkan untuk mendukung penjelasan (eksplanasi). Pemilihan alternatif solusi atas permasalahan tersebut juga akan menjadi lebih kuat jika didukung oleh data. Solusi yang dirumuskan akan lebih applied dan efektif jika perencana sudah menguasai potensi yang ada. Dalam hal ini data juga memainkan peran penting untuk capture potensi tersebut. Sampai pada menjabarkan solusi dalam rencana intervensi, data dapat memberikan masukan terkait penentuan target, indikator, bahkan pada aspek mengukur sumber daya yang dimiliki.

Permasalahannya adalah apakah data itu? Data sekunder yang diambil oleh pihak lain, bisa dimanfaatkan oleh perencana, misalkan data BPS, atau IFLS yang dihasilkan oleh lembaga RAND. Jenis data yang lain, yang mungkin lebih sesuai kebutuhan spesifik, adalah yang bersifat primary, langsung diambil dari lapangan. Namun biasanya jarang yang melakukan oleh karena ongkos yang mahal. Pada era digital saat ini, jangkauan data jauh lebih luas dibanding satu atau dua dekade yang lampau, dimana internet bisa menjadi sumber data yang layak untuk dipertimbangkan jika diambil dan diolah secara tepat. Bagian yang terakhir ini, sayangnya, memang belum banyak dimanfaatkan dalam praktek perencanaan pembangunan padahal berpotensi bisa lebih efisien dalam mengaksesnya, lebih up to date dibanding misalkan publikasi BPS yang pengambilan datanya dilakukan jauh hari sebelum publikasi. Apapun itu, aspek data dan bagaimana data tersebut dimanfaatkan layak menjadi fokus pengembangan kompetensi perencana.

Pelatihan terkait manajemen data ini merupakan tahap lanjut dari pelatihan yang sejenis di level dasar dan menengah. Dibanding sebelumnya, pelatihan vol. 3 ini mengeksplorasi lebih jauh pengambilan dan olah data dari internet yang sering dikenal dengan big data. Hasilnya juga coba diintegrasikan dengan data lain untuk menghasilkan analisis yang lebih komprehensif dan diakhiri dengan perumusan rekomendasi kebijakan dan perencanaan pembangunan yang lebih tajam. Basisnya tentu masih sama dengan pelatihan sebelumnya, yaitu berfokus pada bagaimana berbagai jenis data dikelola untuk menghasilkan input yang berharga bagi perencanaan pembangunan.

Tujuan

Memberi pembekalan teknis olah big data serta mengintegrasikan dengan data lain sebagai bahan penyusunan kebijakan dan perumusan perencanaan pembangunan

Target Luaran (Output & Outcome)

  1. Peserta mampu memanfaatkan data yang tersedia,
  2. Peserta mampu mentransformasikan dalam informasi dan menuangkannya sebagai bagian dari draft dokumen perencanaan secara proporsional

Sasaran Peserta

Pejabat Fungsional Perencana

Materi Dan Sesi

Pembagian materi tiap sesi

  • Sesi 1 : Diskursus berbagai jenis luaran perencanaan
  • Sesi 2 : Big data analytics; penggunaan tool terpilih
  • Sesi 3 : Simulasi data analytics
  • Sesi 4 : Simulasi data analytics
  • Sesi 5 : Olah data & analisis dengan sumber data gabungan
  • Sesi 6 : Simulasi olah data
  • Sesi 7 : Simulasi olah data, analisis dan presentasi
  • Sesi 8 : Mentransformasikan hasil analisis dalam rekomendasi kebijakan

Susunan Acara

WaktuHari 1Hari 2Hari 3Hari 4
08.00 – 09.30Sesi 1Sesi 5Check Out, Field Visit, Penutup, Post Teest
09.30 – 10.00Coffee-breakCoffee-break
10.00 – 11.30Sesi 2Sesi 6
11.30 – 12.30IshomaIshoma
12.30 – 14.00Check InSesi 3Sesi 7
14.00 – 14.45Check InSesi 4Sesi 8
14.45 – 15.15Coffee-breakCoffee-breakCoffee-break
15.15 – 16.00Pembukaan, Pre Test, & OrientasiSesi 4Sesi 8

Trainer

  1. Expert dari Kementerian/Lembaga/Daerah
  2. Expert dari Perguruan Tinggi
  3. Tim Center of Excellence PN-PPPI (Coach)

Syarat Peserta

  • Sanggup mengikuti keseluruhan sesi dengan toleransi (presensi kehadiran minimal 75%)
  • Surat tugas dari pimpinan unit kerja

Biaya Tiap Peserta

  • Training Rp 4.100.000
  • Training dan MenginapRp 5.700.000

Fasilitas

  • Penginapan Hotel Selama Kegiatan Berlangsung
  • Modul dan Materi
  • Meeting Room Hotel
  • 1x Lunch dan 2x Coffe Break
  • Sertifikat
  • Training Kit

Konstribusi dapat dibayarkan melalui transfer ke Bank BCA : No Rek : 0702228989 a.n PT. Konsorsium Consulting Group.

Tempat Pelaksanaan

Sesuai Permintaan. Dapat dilihat di daftar hotel berikut

Contact Person

Informasi lebih lanjut terkait Training ini dapat menghubungi : 0821 1303 3285

Formulir Pendaftaran

Silahkan isi Form Registrasi berikut. Data akan digunakan sebagai acuan pembuatan sertifikat dan administrasi lainnya. Pastikan data yang diinput sudah benar

Yang berminat untuk mengikuti training di atas, dapat menghubungi : 089687147303 atau 0818986949