TME 004 Teknik Olah Data Spasial/ GIS

Latar Belakang

  • Sebagaimana diketahui bersama, data memiliki peran signifikan dalam menghasilkan perencanaan pembangunan yang berkualitas
  • Seiring dengan perkembangan teknologi, ragam data dan cara mengolahnya pun berkembang sedemikian rupa untuk menghasilkan informasi yang seterang mungkin bagi pengambilan kebijakan
  • Salah satunya yang penting untuk dieksplorasi adalah informasi berbasis space, dimana data potensi dan masalah pembangunan bisa diklasifikasi dan di cluster berdasarkan kewilayahan spesifik, sehingga bisa memberikan masukan intervensi yang lebih efektif dan akurat
  • Salah satu tools penting yang coba ditawarkan dalam pelatihan ini adalah aplikasi berbasis GIS, dengan akses bebas atau open source
  • Harapannya perencana yang berlatih menggunakannya dapat memanfaatkan lebih lanjut dalam tugas sehari-hari sebagai perencana tanpa hambatan keterbatasan sumber daya

Tujuan

  1. Mengenalkan penyajian data secara spasial kepada peserta, sebagai bahan masukan perencanaan pembangunan
  2. Melatih peserta untuk menggunakan tools terkait sehingga dapat dimanfaatkan untuk olah data sehari-hari di unit kerja masing-masing

Target Luaran (Output & Outcome)

  1. Peserta mampu memvisualisasikan data statistik sederhana kedalam peta
  2. Peserta mampu mempresentasikan kaitannya dalam perencanaan (sebagai masalah dan atau potensi pembangunan)

Sasaran Peserta

  1. Pejabat Fungsional Perencana
  2. Umum

Materi Dan Sesi

Pembagian materi tiap sesi

  • Sesi 1 : Eksplorasi teoretis GIS dan fungsinya sebagai tools perencanaan
  • Sesi 2 : Geoprocessing
  • Sesi 3 : Praktek 1: olah data
  • Sesi 4 : Menampilkan dalam google earth
  • Sesi 5 : Praktek 2: penyajian data
  • Sesi 6 : Layout peta
  • Sesi 7 : Praktek 3: atribut peta
  • Sesi 8 : Presentasi & feedback

Susunan Acara

WaktuHari 1Hari 2Hari 3Hari 4
08.00 – 09.30Sesi 1Sesi 5Check Out, Field Visit, Penutup, Post Teest
09.30 – 10.00Coffee-breakCoffee-break
10.00 – 11.30Sesi 2Sesi 6
11.30 – 12.30IshomaIshoma
12.30 – 14.00Check InSesi 3Sesi 7
14.00 – 14.45Check InSesi 4Sesi 8
14.45 – 15.15Coffee-breakCoffee-breakCoffee-break
15.15 – 16.00Pembukaan, Pre Test, & OrientasiSesi 4Sesi 8

Trainer

  1. Expert dari Kementerian/Lembaga/Daerah
  2. Expert dari Perguruan Tinggi
  3. Tim Center of Excellence PN-PPPI (Coach)

Syarat Peserta

  • Sanggup mengikuti keseluruhan sesi dengan toleransi (presensi kehadiran minimal 75%)
  • Surat tugas dari pimpinan unit kerja

Biaya Tiap Peserta

  • Training Rp 4.100.000
  • Training dan MenginapRp 5.700.000

Fasilitas

  • Penginapan Hotel Selama Kegiatan Berlangsung
  • Modul dan Materi
  • Meeting Room Hotel
  • 1x Lunch dan 2x Coffe Break
  • Sertifikat
  • Training Kit

Konstribusi dapat dibayarkan melalui transfer ke Bank BCA : No Rek : 0702228989 a.n PT. Konsorsium Consulting Group.

Tempat Pelaksanaan

Sesuai Permintaan. Dapat dilihat di daftar hotel berikut

Contact Person

Informasi lebih lanjut terkait Training ini dapat menghubungi : 0821 1303 3285

Formulir Pendaftaran

Silahkan isi Form Registrasi berikut. Data akan digunakan sebagai acuan pembuatan sertifikat dan administrasi lainnya. Pastikan data yang diinput sudah benar

Yang berminat untuk mengikuti training di atas, dapat menghubungi : 089687147303 atau 0818986949