Training of Trainers

Latar Belakang

Keberhasilan suatu training juga sangat ditentukan oleh kecakapan para trainer dan panitia penyelenggara. Aktivitas training disini dimaknai tidak hanya sebagai event untuk transfer pengetahuan, melainkan juga mengasah ketrampilan seluruh peserta pada aspek yang dijadikan topik training tersebut. Didalamnya interaksi antara pelatih dan peserta menjadi elemen kunci untuk menentukan keberhasilan. Pelatih, yang didukung oleh panitia, perlu mengkondisikan peserta untuk siap menerima pengetahuan baru sekaligus secara proaktif mengasah skill yang dimilikinya. Pengetahuan baru tersebut tentu bukan hanya dari pelatih atau narasumber, melainkan juga sharing dari peserta lainnya. Untuk keperluan terakhir ini, penting bagi pelatih untuk mengkondisikan supaya proses sharing tersebut bisa berjalan secara efektif dan kondusif. Secara lebih umum, pelatih harus bisa menguasai detail materi yang akan disampaikan, sekaligus mendampingi peserta untuk praktek mengasah keterampilan yang mereka miliki.

Tujuan

  1. Mengantarkan peserta untuk memahami proses belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi tercapainya sasaran pelatihan
  2. Mengantarkan peserta agar mampu menyusun rancangan mengajar dan mengembangkan teknik mengajar dengan metode yang tepat
  3. Memastikan peserta mampu memberikan pelatihan dan mendampingi proses keaktifan sasaran agar tercapai target dari pelatihan tersebut

Metode

Kegiatan pelatihan dirancang agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang disampaikan, sehingga dapat diimplementasikan secara aplikatif dalam dunia kerja. Adapun metode yang digunakan adalah :

  • Presentation
  • Discuss
  • Case Study
  • Evaluation

Sasaran Peserta

  1. Instruktur/ Trainer
  2. Mentor/ Coach
  3. Penyelenggara/ Panitia

Materi Dan Sesi

Pembagian materi tiap sesi

Aspek psikologis

  • Teknik Ekspektasi
  • Piramida Kebutuhan Manusia (Abraham Maslow)
  • Falsafah Training
  • Tinjauan Psikologi dalam Training
  • Tanggung jawab Trainer
  • Fase-fase Pengelolaan Trainee

Aspek tata kelola

  • Pendidikan, Pengajaran, dan Pelatihan
  • Manajemen Training
  • Fungsi
  • Unsur-unsur Training: Organizing Committee, Trainer, Observer, Materi, Monefu, Bagan-alir Manajemen Training

Teknik Komunikasi dan Presentasi

  • Orientasi
  • MO – TO
  • Kompetensi Individual
  • Kompetensi Kelompok
  • Komunikasi Efektif
  • Keterampilan Berkomunikasi
  • Tujuan Komunikasi dalam Training
  • Presentasi Efektif
  • Merencanakan Presentasi
  • Urutan Langkah Presentasi
  • Membuat Dukungan Visual yang Efektif

Dinamika Kelompok

  • Training Community
  • Dinamika Kelompok
  • Ice Breaking
  • Brainstorming
  • Games
  • Simulation/Role Playing
  • Outbond (aktivitas luar-ruang)

Alternatif Pelaksanaan

  • Pelatihan diselenggarakan 2 hari full-time
  • Pelatihan dilakukan secara part-time sesuai kebutuhan

Narasumber/Instruktur

Syarat Peserta

Susunan Acara

WaktuHari PertamaHari Kedua
13.00 – 18.30Hari Pertama Check In
07.30 – 08.00Registrasi/Absensi PesertaRegistrasi/Absensi Peserta
08.00 – 08.30PembukaanTeknik Komunikasi dan Presentasi
08.30 – 10.00Aspek psikologisLanjutan
10.00 – 10.15Coffee BreakCoffee Break
10.15 – 12.00LanjutanLanjutan
12.00 – 13.00IshomaIshoma
13.00 – 15.00Aspek tata kelolaDinamika Kelompok
15.00 – 15.15Cofee BreakCofee Break
15.15 – 17.00LanjutanLanjutan
09.30 – 13.00Hari Keempat: Check Out

Jenis Training

Tatap Muka

Biaya

  • Rp 4.500.000 ,- / peserta (Training Saja)

Konstribusi dapat dibayarkan pada saat registrasi di Hotel atau transfer ke Bank BCA : No Rek : 0702228989 a.n PT. Konsorsium Consulting Group.

Fasilitas

  • Penginapan Hotel Selama Kegiatan Berlangsung
  • Materi
  • Meeting Room Hotel
  • 1x Lunch dan 2x Coffe Break
  • Sertifikat
  • Training Kit (Blocknote, Bolpoint)

Tempat Pelaksanaan

Sesuai Permintaan (Inhouse)

Contact Person

Informasi lebih lanjut terkait Training ini dapat menghubungi : 089687147303 atau 0812-9940-2896 (WA Only)

Formulir Pendaftaran

Silahkan isi formulir berikut dengan data yang benar. Kami akan segera menghubungi anda